KIMIA-PERKENALAN ILMU KIMIA-PERTEMUAN 1


silahkan di simak paparan materi berikut!
--------------------------------------------------------------------------
Siswa-siswi kami yang kami banggakan, kami ucapkan selamat datang di SMAN 1 Kluet Timur. Terimakasih telah bersama kami dan mempercayakan pendidikan kalian di sini.

dalam kehidupan sehari-hari kalian tentu tidak terlepas dari namanya KIMIA, hanya saja kalian belum menyadari akan hal itu, kita bernapas mengirup Oksigen (yang merupakan unsur molekul O2), kita tidur di atas kasur yang merupakan hasil tektil dari SELULOSA (rekayasa teknik kimia dalam menciptakan serat seperti kapas), kita makan nasi, roti, kue yang merupakan GLUKOSA dari KARBOHIDRAT dalam senyawa kimia, kita pergi dengan sepeda motor menggunakan BENSIN (yang juga merupakan hasil teknik distilasi minyak bumi dalam kimia), kita minum obat (yang semua di produksi dari industri kimia), kita menyuburkan tanah menggunakan PUPUK (yang juga merupakan hasil industri pertanian/perkebunan), kita juga membunuh hama dengan produk-pruduk kimia, dunia sekarang kita tidak terlepas dari ilmu kimia. hanya saja efek samping yang diterima oleh manusia karena tidak bijak menggunakan produk-produk tersebut secara berlebihan, jadi apa sebenarnya KIMIA itu??

HAKIKAT ILMU KIMIA
Ilmu kimia adalah ilmu yang mempelajari tentang susunan, struktur, sifat, perubahan serta energi yang menyertai perubahan suatu materi. Materi sendiri adalah sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Jelas bahwa hampir semua benda di alam dibahas dalam ilmu kimia karena pada dasarnya setiap benda menempati ruang dan mempunyai massa. Artinya setiap benda merupakan materi

Secara lengkap, Ilmu Kimia adalah ilmu yang mempelajari tentang :
> Susunan materi        =  mencakup komponen-komponen pembentuk materi dan perbandingan tiap komponen  tersebut.
> Struktur materi          = mencakup struktur partikel-partikel penyusun suatu materi atau menggambarkan bagaimana atom-atom penyusun materi tersebut saling berikatan
> Sifat materi                =  mencakup sifat fisis (wujud dan penampilan) dan sifat kimia. Sifat suatu materi dipengaruhi oleh : susunan dan struktur dari materi tersebut.
> Perubahan materi     = meliputi perubahan fisis/fisika (wujud) dan perubahan kimia (menghasilkan zat baru)
> Energi yang menyertai perubahan materi =  menyangkut banyaknya energi yang menyertai sejumlah materi dan asal-usul energi itu.

METODELOGI DALAM MEMAHAMI ILMU KIMIA

Mengamati

Menggolongkan

Menafsirkan data

Menarik kesimpulan umum

Merancang dan melakukan eksperimen

Menciptakan teori


MANFAAT MEMPELAJARI ILMU KIMIA

  1. Pemahaman kita menjadi lebih baik terhadap alam sekitar dan berbagai proses yang berlangsung di dalamnya.
  2. Mempunyai kemampuan untuk mengolah bahan alam menjadi produk yang lebih berguna bagi manusia.
  3. Membantu kita dalam rangka pembentukan sikap.


CABANG-CABANG ILMU KIMIA

1. Kimia Analisis

2. Kimia Fisik

3. Kimia Organik

4. Kimia Anorganik

5. Kimia Lingkungan

6. Kimia Inti ( Radiokimia )

7. Biokimia

8. Kimia Pangan

9.  Kimia Farmasi


PERKEMBANGAN ILMU KIMIA

1) Sekitar tahun 3500 SM, di Mesir Kuno sudah mempraktekkan reaksi kimia (misal : cara membuat anggur, pengawetan mayat).

2) Pada abad ke-4 SM, para filosofis Yunani yaitu Democritus dan Aristoteles mencoba memahami hakekat materi.

  • Menurut Democritus    =  setiap materi terdiri dari partikel kecil yang disebut atom.
  • Menurut Aristoteles     =  materi terbentuk dari 4 jenis unsur yaitu : tanah, air, udara dan api.

3) Abad pertengahan (tahun 500-1600), yang dipelopori oleh para ahli kimia Arab dan Persia.

  • Kimia lebih mengarah ke segi praktis. Dihasilkan berbagai jenis zat seperti : alkohol, arsen, zink asam iodida, asam sulfat dan asam nitrat.
  • Nama ilmu kimia lahir, dari kata dalam bahasa Arab (al-kimiya = perubahan materi) oleh ilmuwan Arab Jabir ibn Hayyan (tahun 700-778).

4) Abad ke-18, muncul istilah Kimia Modern. Dipelopori oleh ahli kimia Perancis Antoine Laurent Lavoisier (tahun 1743-1794) yang berhasil mengemukakan hukum kekekalan massa.

5) Tahun 1803, seorang ahli kimia Inggris bernama John Dalton (tahun 1766-1844) mengajukan teori atom untuk pertama kalinya. Sejak itu, ilmu kimia terus berkembang pesat hingga saat ini.


UNTUK MENGUJI KEMAMPUAN KALIAN, SILAHKAN KLIK DISINI

0 Response to "KIMIA-PERKENALAN ILMU KIMIA-PERTEMUAN 1"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel